Sabtu, 27 Januari 2024

Membuat aplikasi berukuran 17kb

Pada sebuah arsitektur game engine ada sebuah bagian yang namanya audio, kalo dari blog https://isetta.io/blogs/engine-architecture/ :

Berangkat dari situ, akhirnya saya coba-coba koding Windows API dan kemudian terciptalah sebuah aplikasi untuk mengunci volume, dan di samping itu, aplikasi ini juga terinspirasi dari https://github.com/troylar/quiet-on-the-set

Setelah aplikasi ini "jadi" saya lihat-lihat memang secara tampilan aplikasi ini jauh lebih simpel, tapi ukuranya hanya 17kb jika di build ke versi 32bit dan 20kb jika di build ke versi 64bit. Dari aplikasi-aplikasi yang beredar di pasaran pun nampaknya ini yang paling kecil, tapi jika mengunakan icon maka ukuranya akan bertambah 5kb.


Kelebihannya jika kita menggunaakn icon seperti ini:



Nah jika ingin lebih menghemat memori, icon-nya bisa tidak kita gunakan dan nantinya akan menghemat 5kb, cuman paling minus nya karna gak ada icon-nya jadinya transparan dan agak ngawang-ngawang. 

Aplikasi ini saya coba rekam dan memang sewaktu aplikasi OBS merekam audio-nya gak ada sangkut paut nya dengan level volume device saya, jadinya ya tidak berpengaruh kerena yang direkam bukan master volume dari device saya, jadi mau di mute juga masih ada suaranya, namun pastinya jika kita coba di device kita masing-masing ya level suara nya sesuai dengan level volume nya. Dan kalo icon-nya gak dipake hasilnya seperti ini:





Sekian dari saya, semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kenapa harus selalu bumbu kuning?

Sebagai seorang penggiat game engine dan belakang ini banyak yang membahas tentang bahasa safety dan tidak safety. Apakah sebaiknya kita ber...